16 May 2011

Sistem Ekonomi

Pengertian sistem ekonomi :
Sistem ekonomi adalah perpaduan dari aturan-aturan atau cara-cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Suatu system dapat diibaratkan seperti lingkaran-lingkaran kecil yang saling berhubungan dengan yang lainnya.
Lingkaran-lingkaran kecil tersebut merupakan suatu subsistem. Subsistem tersebut saling berinteraksi dan akhirnya membentuk suatu kesatuan system dalam lingkaran besaryang bergerak sesuai dengan aturan yang ada.

Sejarah perekonomian Indonesia:
Awal perekonomian Indonesia dimulai dengan dikeluarkannya Oeang Repoeblik Indonesia. Di masa awal ini Indonesia masih menggunakan sistem ekonomi yang lama. Karena ada 3 mata uang yang beredar di Indonesia maka terjadi kenaikan tingkat harga yang berpengaruh buruk.
Di masa berikutnya Indonesia memakai sistem ekonomi liberal. Perekonomian diserahkan pada pasar sesuai teori mazhab klasik. Padahal pengusaha pribumimasih belum mampu untuk bersaing dengan pengusaha luar terutama dari cina. Pada akhirnya system ini hanya memperburuk kondisi perekonomian Indonesia yang baru merdeka.
Karena adanya kegagalan pada masa liberal maka Indonesia memakai sistem demokrasi terpimpin dan struktur ekonomi Indonesia menjurus pada sistem etatisme (semua diatur oleh pemerintah). Tapi ternyata di dalam sistem ekonomi tersebut terjadi juga beberapa kesalahan yang fatal. Salah satunya adalah denominasi,uang senilai 1000 menjadi Rp 1. Sehingga uang baru harus dihargai seribu kali lipat uang rupiah lama, tapi di masyarakat uang rupiah baru dihargai 10 kali lipat lebih tinggi. Akibat hal tersebut inflasi yang tadinya mau diturunkan gagal,dan malah meningkat. Kegagalan-kegagalan dalam berbagai tindakan moneter itu diperparah dengan pemerintah yang tidak menghemat pengeluaran. Terjadilah kegagalan sistem ekonomi kembali di Indonesia.
Pada akhirnya setelah melihat kesalahan-kesalahan di masa sistem liberal dan sistem etatisme maka pemerintah Indonesia sepakat untuk menggunakan sistem campuran sabagai dasar dari sistem demokrasi pancasila. Sistem ini berdasar dengan teori Keynes tentang campur tangan pemerintah dalam perekonomiansecara terbatas. Jadi dalam kondisi dan masalah-masalah tertentu pasar tidak dibiarkan menentukan sendiri. Kebijakan sistem ekonomi tersebut lebih mengarahkan kepada pembangunan Indonesia di segala bidang. Semua itu dilakukandengan pelaksanaan pola umum pembangunan jangka panjang (25-30 tahun) secara periodic lima tahunan yang disebutPelita (pembangunan lima tahun). Hasilnya banyak terjadi kesuksesan dan kegagalan yg bermulai pada tahun 1984 . Akibat dari kegagalan itu masih terasa sampai sekarang akibat adanya krisis yang merupakan imbas dari ekonomi global.

No comments:

Post a Comment