01 November 2010

Tugas Softskill

Student Site

Student site
Student site adalah sebuah website yang dibuat untuk mempermudah mahasiswa Gunadarma mendapatkan dan memberi informasi. Student site dapat dibuka oleh semua mahasiswa gunadarma dengan menggunakan ID yang mereka sudah buat sebelumnya dengan menggunakan NPM mereka masing-masing yang menandakan bahwa mereka adalah mahasiswa Universitas Gunadarma.
Student site dapat dibuka di http://studentsite.gunadarma.ac.id
Di dalam Student site terdapat beberapa fitur yang mempunyai kegunaannya masing masing. Berikut saya akan membahas tentang fitur-fitur tersebut.

Locker
Locker adalah tempat awal ketika kita membuka web student site setelah log in. Di dalam Locker terbagi menjadi dua kolom. Kolom pertama berisi BAAK News dan Kalender Akademik.
BAAK News
BAAK News adalah tempat dimana kita bisa melihat berita-berita terbaru dari BAAK tentang hal-hal apa saja yang terjadi dalam area Gunadarma yang harus diketahui oleh para mahasiswa.
Kalender Akademik
Kalender Akademik adalah tempat dimana kita bisa melihat jadwal perkuliahan selama satu semester. Mulai dari jadwal kuliah,jadwal libur,jadwal pengisian KRS,dll.

E-mail
E-mail adalah tempat untuk masuk keluarnya surat elektronik dari sesama mahasiswa atau pun surat elektronik dari dosen. Di dalam e-mail ada beberapa hal yang bisa kita lakukan,yaitu:
Compose
Compose adalah fitur untuk membuat sebuah surat baru.
Delete
Delete adalah fitur untuk menghapus surat-surat yang ada di dalam inbox kita.
Mark as read
Mark as read adalah fitur untuk menandakan bahwa kita sudah membaca surat tersebut.
Mark as flag
Mark as flag  adalah fitur untuk memberi tanda khusus untuk beberapa surat yang kita anggap special.

Calendar
Calendar adalah fitur untuk melihat tanggalan dan memberikan beberapa catatan di tanggal tertentu sesuai dengan yang kita inginkan. Ada beberapa fitur tambahan yang bisa kita gunakan di dalam calendar,yaitu:
Add note
Add note adalah fitur untuk memberi sebuah catatan di dalam tanggal yang kita inginkan agar kita mengingat apa yang harus kita lakukan di tanggal tersebut.
 View
View adalah fitur untuk mengubah tampilan catatan dalam kalender. Ada beberapa jenis tampilan yang bisa dipilih di dalam fitur calendar,yaitu: day view (tampilan harian),four days view (tampilan per 4 hari),weekview with weekend (tampilan per minggu dengan weekend),weekview without weekend (tampilan per minggu tanpa weekend),monthview (tampilan per bulan),planner by category,planner by user,listview (tampilan berbaris).

Address book
Address book adalah fitur untuk melihat biodata mahasiswa Gunadarma yang ada di dalam  data base Gunadarma. Ada beberapa fitur tambahan yang bisa kita gunakan dalam address book,yaitu:
Add
Add adalah fitur untuk menambahkan sebuah biodata ke dalam folder milik kita.
Advanced search
Advanced search adalah fitur untuk mencari biodata seseorang dengan memasukkan beberapa data yang sudah kita ketahui.
Import contacts
Import contacs adalah fitur untuk memasukkan biodata yang sudah ada di dalam computer atau hard drive kita ke dalam folder di dalam address book student site.
Export contacs
Export contacs adalah fitur untuk mengcopy biodata yang sudah ada di dalam folder address book student site kita keluar dari student site.

Info log
Info Log  adalah fitur untuk mengetahui sudah berapa kali kita berinteraksi dengan seseorang

File Manager
File manager adalah fitur dimana kita bisa menyimpan data-data file dari computer kita.

Forum
Forum adalah fitur untuk melihat forum-forum yang ada di dalam Gunadarma. Ada banyak jenis forum yang bisa kita dapatkan di dalam. Mulai dari forum fakultas sampai forum UKM. Di dalam fitur forum ada beberapa fitur tambahan,yaitu:
New post
New Post  adalah fitur untuk membuat sebuah postingan baru di dalam forum.
My topics
My topics  adalah fitur untuk melihat topic topic yang kita inginkan.
Profile forum
Profile forum  adalah fitur untuk melihat forum yang pernah kita buat.
User setting
User setting adalah fitur untuk mengubah settingan user kita.
Subscriptsions

Bookmarks
Bookmarks adalah fitur untuk menyimpan link-link yang kita inginkan.

Polls
Polls adalah fitur student site untuk menjawab beberapa pertanyaan yang akan dijadikan acuan untuk menambah atau sekedar menginformasikan penilaian kita terhadap student site.

Log out
Log out adalah fitur untuk menon-aktifkan id user yang sedang digunakan.


Tulisan di atas adalah fitur-fitur yang ada di dalam student site.
Demikian lah tulisan tentang student site dari saya. Semoga berguna untuk siapa saja yang membacanya.

No comments:

Post a Comment