08 January 2014

Kamera 'mirrorless'

Para penggemar fotografi akhir-akhir ini memiliki semakin banyak pilihan gear (kamera). Jika sebelumnya ada 3 kategori kamera digital, yaitu:
  1.  Kamera compact / poket: kamera dengan sensor kecil , lensa yang telah menyatu dalam satu system dan kemampuan setting terbatas
  2. Kamera DSLR: kamera dengan sensor besar, keleluasaan setting, dan pilihan berbagai ukuran lensa sesuai kebutuhn (interchangeable lens)
  3. Kamera prosumer: kamera kompak dengan lensa super-zoom dan keleluasaan setting yang hamper setara DSLR
Sejak tahun 2008, dunia kamera digital dimeriahkan dengan keluarga baru yang dikenal dengan sebutan mirrorless camera. Keluarga ini memiliki system dan cara kerja yang mirip dengan sebuah DSLR, lengkap dengan kemampuan untuk berganti lensa (interchangeable lens) kecuali pada satu komponen, yaitu tidak adanya reflective mirror yang memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder.
Hilangnya komponen mirror menyebabkan tidak adanya optical viewfinder (digantikan oleh electronic viewfinder) dan memungkinkan body kamera menjadi lebih tipis daripada DSLR. Hasilnya adalah kamera-kamera dengan body seukuran kamera kompak (poket) dengan “mata” yang besar. Populasi kamera yang ditandai dengan munculnya Olympus PEN ini telah menjadi semakin padat dengan produk-produk:
  1. Olympus PEN series PEN-EPM1
  2. Panasonic G series GX1
  3. Samasung NX series NX200
  4. Sony NEX series NEX7
  5. Ricoh GX series GXR-A12
  6. Pentax Q series Q
  7. Nikon 1 series V1
  8. Canon series EOS-M

No comments:

Post a Comment